Berita


PRINSIP KEMAJUAN INSAN

Oleh : Ustadz Taryudi, LC.

"Islam tidak menerima materialisme yang tersisih dari ruh. Atau sebaliknya spiritualisme yang terpisah dari materi. Materi tidaklah mutlak buruk menurut Islam. Sebaliknya tidaklah spiritualisme itu mutlak baik. Yang diakui oleh Islam ialah persenyawaan yang harmonis antara materi dan ruh."

Ini sebagian dari pemikiran Omar al-Syaibani, golongan cerdik-pandai Muslim dari Sudan, tentang hakikat insan atau manusia dan hubungannya dengan Islam sebagai agama fitrah. 

Insan yang hanya berkutat pada kebendaan disebut golongan materialisme. Islam tidak dapat menerima kekuatan material yang tidak disertai iman, belas kasih dan akhlak. Dimana insan menjadi raksasa dalam aspek materi (harta-benda), tetapi kerdil dalam aspek rohaninya. 

Begitu pun halnya dengan golongan spiritual yang hanya mementingkan spiritualisme saja. Insan yang ini seolah-olah rohani yang tak bertubuh. Golongan yang mati dalam alam manusia yang hidup. 

Insan yang maju adalah ia yang mempedomani agama yang fitrah ini dalam prinsip keseimbangannya, seimbang jasmani dan rohaninya, materi dan spiritualnya.

Pencarian

Berita Terbaru

Penerimaan Santri Baru 2021/2022

Penerimaan Santri Baru 2021/2022

PRINSIP KEMAJUAN INSAN

PRINSIP KEMAJUAN INSAN

MOTIVATION TRAINING

MOTIVATION TRAINING

GOTM Virtual

GOTM Virtual

PPDB ONLINE

KEMENDIKBUD

DISDIKBUD PURBALINGGA

Kontak

Alamat :

Kembaran Kulon, Purbalingga, Purbalingga Regency, Central Java

Telepon :

(0281) 8901580

Email :

smpitharumpbg@gmail.com info@smpitharumpurbalingga

Website :

smpitharumpurbalingga.sch.id

Media Sosial :